Yuk Pahami Cara Budidaya Zaitun dari Biji

Zaitun merupakan buah yang kaya akan segudang manfaat. Zaitun merupakan salah satu tanaman yang disebutkan dalam Al-Quran, sudah pasti zaitun memiliki makna dan manfaat bagi kehidupan kita. Seluruh bagian pohon, mulai dari akar, batang, daun hingga buahnya memiliki manfaat besar dalam kehidupan. Minyak zaitun yang dihasilkan dari buahnya memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan.

Sejak zaman Nabi, minyak zaitun digunakan untuk mengobati sekitar 70 jenis penyakit (manfaat jamu tradisional). Namun sayangnya pembudidayaan buah zaitun di Indonesia belum terlalu populer. Untuk itu, kali ini akan di bahas mengenai cara budidaya zaitun dari biji. Apa saja yang perlu anda siapkan? Yuk simak penjelasan di bawah ini!

Kiat-Kiat Cara Budidaya Zaitun dari Biji

  1. Siapkanlah Lahan dan Media Tanam

Perlu anda perhatikan, lahan yang anda siapkan memiliki drainase yang baik. Pilihlah pula pupuk yang berkualitas sembari menyiapkan tanah sebagai tempat menanam buah zaitun. Lahan yang anda siapkan haruslah lebar, agar tidak menghambat pertumbuhan akar. Penambahan pupuk kompos dapat meningkatkan nitrogen yang diperlukan untuk pertumbuhan tanaman zaitun.

Zaitun dapat tumbuh dengan baik pada tanah pada suhu berkisar 7 sampai 35 derajat Celcius. Hampir seluruh daerah di Indonesia berada pada kisaran suhu tersebut. Apabila masa pembibitan telah usai, maka bibit dapat dipindah tanamkan pada lahan yang memiliki area luas, bersih dari rumput liar, tanah kaya yang unsur hara, lokasi tanam tidak teduh dan harus mendapatkan sinar matahari langsung.

Lubang tanaman dapat kita buat dengan cara menggali menggunakan alat seperti cangkul. Siapkan pula media tanah yang dicampur dengan pupuk kandang yang sudah terfermentasi atai telah lama dan tambahkan pula sekam sebagai bahan penutup lubang penanaman nantinya. Lubang tanam perlu diistirahatkan terlebih dahulu sebelum ditanami, kurang lebih selama 2-3 hari dan biarkan mendapat sinar matahari supaya bakteri jahat pada tanah mati.

  1. Penanaman Biji Buah Zaitun sebagai Bibit

Seperti halnya menanam biji-bijian lainnya, tentu dibutuhkan media yang baik dan jauh dari gulma. Seperti yang kita ketahui, penanaman biji secara langsung butuh waktu yang sangat lama dan besar resiko kegagalannya. Maka dari itu anda harus telaten dan ekstra sabar merawat tanaman zaitun anda.

 

  1. Penanaman Bibit Zaitun yang Benar

Jika bibit zaitun anda telah tumbuh dan cukup kokoh untuk dipindahkan, maka anda dapat memindahkan pada media tanam seperti yang telah dijelaskan pada poin 1 di atas. Pastikan tanah yang disediakan memiliki drainase yang baik.

Bibit zaitun yang sudah diletakkan pada lubang tanam, segera tutup dengan media campuran tanah, kompos dan sekam yang telah anda persiapkan sebelumnya, kemudian tutup hingga rata. Agar tanaman zaitun kokoh dan tidak miring, padatkan penutup lubang tanam dengan ditepuk atau diinjak-injak ringan.

Namun jangan sampai terlalu padat agar tidak menghambat perkembangan akar tanaman zaitun. Nah, sesudah ditanam pastikan tanaman zaitun anda berada di bawah sinar matahari langsung agar pertumbuhan maksimal.

  1. Perawatan Tanaman Zaitun

Perawatan yang perlu anda lakukan yaitu penyiraman, cukup sekali sehari namun penyiraman tergantung pada kelembaban tanah. Sebab tanaman zaitun merupakan tumbuhan yang cocok hidup di daerah yang panas. Bersihkan pula area tanam dari tumbuhnya rumput liar yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman zaitun anda.

  1. Penanggulangan Hama dan Penyakit pada Tumbuhan Zaitun

Seperti tumbuhan lainnya zaitun juga sering ditemukan masalah dari serangan penyakit seperti bercak daun cercospora, bercak burung merak, akar membusuk, batang atau daun bersisik.  Maka penggunaan pestisida dengan dosis yang tepat dapat menghambat pertimbuhan penyakit pada tanaman Zaitun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *