Cara Menanam Lidah Buaya Di Dalam Polybag

Bagi Anda yang memiliki keterbatasan lahan dan ingin menanam lidah buaya, tanaman ini dapat ditaman di dalam polybag. Walaupun menggunakan polybag, tanaman tersebut dapat tumbuh dengan baik. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tanaman lidah buaya tersebut dapat tumbuh dengan subur yaitu memperhatikan pengairan, jarak polybag, pemupukan, dan perawatannya serta cara penanggulangan hama.

Cara Menanam Lidah Buaya Di Dalam Polybag

Persiapan Menanam Lidah Buaya

Pertama, siapkan polybag yang akan menjadi media tanaman. Perhatikan ukuran polybag yang akan digunakan. Sebaiknya ukuran polybag tidak terlalu besar agar tanaman yang ditanam di pekarangan bisa lebih banyak misalnya polybag ukuran diameter 20 cm. Ukuran ini cukup ideal untuk menanam lidah buaya di lahan yang sempit. Setelah polybag siap, isi dengan media tanam.

Membuat Media Tanam Untuk Lidah Buaya

Media tanam dapat menggunakan campuran tanah, pasir, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:2:1. Setelah media tercampur rata, masukkan media tersebut ke dalam polybag. Anda tidak perlu mengisi polybag tersebut sampai penuh yaitu sampai ¾ saja agar lidah buaya dapat tumbuh dengan baik. Setelah semua polybag yang disiapkan sudah diisi media tanam, tahap berikutnya adalah menanam lidah buaya.

Cara Menanam Lidah Buaya

Siapkan bibit yang masih kecil. Jumlah bibit lidah buaya dapat disesuaikan dengan jumlah polybag yang sudah Anda siapkan. Anakan lidah buaya merupakan bibit yang tepat untuk dikembangkan dengan polybag. Pastikan untuk tidak menanam bibit lidah buaya tersebut terlalu dalam agar lidah buaya tidak membusuk. Namun penanaman juga tidak boleh terlalu dangkal karena dapat menyebabkan tanaman mudah roboh.

Pemupukan Lidah Buaya

Pupuk untuk lidah buaya dapat menggunakan pupuk organik atau pupuk NPK. Jika Anda akan menggunakan NPK, cukup gunakan 2 gram pupuk pada setiap polybag. Cara lainnya adalah menggunakan pupuk cair organik. Pupuk dapat diberikan setiap 2 minggu sekali agar lidah buaya dapat tumbuh dengan subur dan sehat.

Penyiraman Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang tidak perlu banyak air. Tetapi Anda tetap harus menyiramnya, terutama saat musim kemarau. Anda dapat menyiram tanaman tersebut secara rutin setiap hari. Jika tanaman terlalu banyak mendapat air, maka lidah buaya dapat membusuk. Saat musim hujan, tanaman tersebut tidak perlu disiram. Jumlah pemberian air juga perlu disesuaikan dengan ukuran polybag. Jangan sampai penyiraman menyebabkan genangan air di polybag karena dapat menyebabkan tanaman mati.

Pencahayaan Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya tergolong tanaman yang memerlukan banyak sinar matahari. Tanaman tersebut dapat ditanam di area yang terkena sinar matahari sepanjang hari sehingga lidah buaya tersebut mendapatkan cahaya yang cukup. Ketika tanaman mendapatkan sinar matahari yang cukup, pertumbuhan lidah buaya akan lebih optimal.

Memperhatikan lokasi penempatan polybag tanaman lidah buaya merupakan hal yang sangat penting. Untuk itu, Anda harus benar – benar mempersiapkan lokasi yang sesuai di sekitar rumah. Jika tanaman lidah buaya sudah tumbuh dengan baik atau siap dipanen, maka Anda dapat memanennya. Namun usia panen yang ideal untuk tanaman lidah buaya adalah sekitar enam bulan. Untuk memanennya, Anda dapat memetik batang lidah buaya mulai dari batang yang paling tua.

Demikian ulasan tentang cara menanam lidah buaya di dalam polybag. Sekarang, Anda dapat menanam lidah buaya di halaman atau pekarangan rumah. Dengan mengetahui manfaat luar biasa dari lidah buaya untuk kesehatan, menanam tanaman ini tentu dapat menjadi pilihan yang tepat. Lidah buaya dapat digunakan untuk obat luka luar, obat luka bakar, dan bahkan dapat dijadikan untuk minuman. Semoga dengan tips cara menanam di atas, Anda dapat menanam lidah buaya dengan baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *