10+ Jenis Tanaman Hias Halaman

Taman adalah salah satu tempat yang penting untuk keluarga, karena banyak aktivitas keluarga yang dilakukan di taman. Tanaman hias halaman adalah salah satu ikon penting yang akan membuat taman taman halaman rumah anda menjadi lebih indah dan lebih asri.

Sebagian orang yang memiliki rumah minimalis kebingungan untuk menanam bunga atau tanaman hias lain karena sempitnya lahan pekarangan. Solusi untuk permasalah ini adalah anda harus pandai memilih apa saja jenis tanaman yang bisa ditanam pada lahan sempit.

10 Jenis Tanaman Yang Cocok Untuk Ditanam Di halaman Rumah

  1. Bunga Petunia

Bunga ini tumbuh kira – kira 16 – 30 senti meter, jenis bunganya ada yang bermahkota tunggal ada juga yang bermahkota ganda.  Warna dari bunga ini juga bervariasi ada yang berwarna putih, merah, kuning pucat, biru dan ungu tua.

Namun jenis tanaman ini memiliki umur yang pendek dengan masa berbuka hanya sekali saja, setelah berbunga biasanya bunga ini mati. Ketika selesai berbunga anda harus menggantinya dengan tanaman yang baru, caranya cukup mudah anda hanya perlu menebar benih – benihnya saja.

  1. Bunga kamboja

Mahkota bunga ini bertumpuk dengan warna bunga berwarna putih dengan bagian tengah kuning, ada juga yang warnanya merah atau ungu dengan bau yang harum. untuk memperbanyak tanaman ini anda bisa menggunakan metode stek karena batang tanaman ini berbentuk kayu keras.

Untuk mnghiasi halaman rumah yang minimalis sebaiknya anda memilih jenis tanaman kamboja bonsai, sehingga mudah untuk dirawat. Perawatannya anda hanya perlu menyiramnya dengan teratur setiap hari secukupnya.

  1. Bunga kembang sepatu

Tanaman ini sebenarnya cukup tinggi yaitu antara 2 – 5 meter. Daunnya berbentuk bulat telur dan lebar dengan bagian ujung yang sempit. Di daerah tropis seperti Indonesia tanaman ini bisa berbunga sepanjang tahun. Warna bunganya juga beraneka macam ada warna putih, kuning, oranye, merah tua dan merah muda.

Perawatannya hanya perlu dilakukan penyiraman secara rutin setiap hari dengan jumlah air yang cukup jangan sampai berlebihan. Jangan letakkan bunga ini ditempat yang terkena cahaya matahari secara langsung.

  1. Bunga kertas

Dalam dunia tanaman hias, bunga ini sangat populer. Warnanya indah dan beraneka ragam mulai dari warna jingga, merah menyala, merah jambu, merah pucat, ungu, putih dan ada yang bercampur warnanya. Perawatan bunga ini juga cukup mudah yaitu tempatkan di daerah yang terkena cukup cahaya matahari.

  1. Bunga Pentas

Bunga ini merupakan salah tanaman yang rajin berbunga, dalam satu tahun tanaman ini bisa berbunga hingga 4 kali. Cara menanam dan cara merawat tanaman ini cukup mudah, meskipu tanaman ini sangat menyukai panas namun tidak bisa ditempatkan di tempat terbuka yang mendapat cahaya matahari secara langsung.

  1. Bunga Melati

Tanaman ini masuk dalam golongan tanaman hias dengan batang pendek yang bisa hidup menahun.  Aroma dari bunga ini sangat wangi dan menenangkan. Biasanya digunakan untuk campuran teh, minyak wangi, pengharum ruangan dan masih banyak manfaat lainnya.

Di Indonesia banyak masyarakatnya yang menggunakan tanaman ini sebagai tanaman hias, menanamnya di pekarangan rumah dan menjadi hiasan di taman rumah. tanaman ini membutuhkan sinar matahari secara penuh dengan media tanam tanah humus dalam pot ember.

  1. Bunga Euphorbia

Bunga ini adalah bunga yang paling banyak dicari, cara mengembangbiakkannya dengan stek batang atau pemisahan tunas dari akar. Perawatannya juga cukup mudah, ketika sudah mulai tumbuh dengan baik lakukan penyiraman setiap hari satu kali. Anda tinggal menunggu hasil dari taman mini di halaman rumah saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *